Selasa, 03 Januari 2012

Ki Daus dan Sepak Bola | Ki Daus Suporter Persib Bandung


Kecintaan Ki Daus terhadap Persib Bandung tak perlu diragukan lagi. Di era 1980-an, dia tak pernah melewatkan satu pun laga kandang Persib di Stasion Siliwangi.Ki Daus Pernah Loncat Benteng Stadion.

Ki Daus kemudian mengenang saat menonton laga Persib di Stadion Siliwangi puluhan tahun silam. Memiliki sifat nakal sejak masih berusia belasan tahun, dia selalu menghalalkan segala cara agar bisa menonton langsung laga Persib.

Nonton tanpa membeli tiket, hingga loncat dari benteng stadion, pernah dilakukan Ki Daus demi Persib. Lokasi rumah yang berdekatan dengan Stadion Siliwangi membuat semangat Ki Daus kerap terbakar setiap Persib berlaga.


"Dulu memang Aki termasuk anak nakal karena selalu menghalalkan segala cara untuk bisa menonton Persib. Mulai dari melewati kemacetan jalan, nonton tanpa beli tiket, hingga meloncati benteng stadion. Yang penting Aki bisa nonton Persib, apa pun Aki lakukan bersama teman-teman lainnya," ungkap Ki Daus

Namun, saat melihat kelakuan bobotoh saat ini yang seringkali anarkistis, Ki Daus justru kesal. Selain itu, lanjutnya, bobotoh saat ini terkesan terlalu jauh ikut campur dalam permasalahan internal tim manajemen.

Kehadiran bobotoh dinilainya bisa mencoreng nama besar Persib. Jumlah bobotoh yang semakin banyak, dikhawatirkan membuat Maung Bandung semakin tak aman. Dulu Ki Daus mengaku sempat memiliki sifat seperti bobotoh saat ini. Sayangnya, saat ini sikap bobotoh sudah berlebihan.

"Bobotoh ayeuna mah beuki anarkistis. Jangan seperti itu seharusnya karena kita harus berpikir lebih dewasa lagi. Jangan sampai mencoreng nama besar Persib karena kelakuan kecil yang nantinya berakhir konyol," pungkasnya.






Grab The Bookmarketer For Your Site